tips Mencegah Terjadinya Gagal Ginjal.  Fungsi Ginjal sangat penting buat tubuh kita, karena itu kita harus menjaga kesehatan organ tubuh ini. Karena penyebab terjadinya penyakit Gagal Ginjal bukan dari faktor luar seperti virus, tapi dari kita sendiri yang kurang menjaga dan merawat ginjal agar tetap sehat.
Tips Mencegah Terjadinya Gagal Ginjal
Tips Mencegah Terjadinya Gagal Ginjal
Berikut beberapa tips kesehatan dan langkah untuk merawat ginjal dan mencegah terjadinya gagal ginjal :
* Biasakan hidup sehat dengan berolahraga
Lakukan olah raga secara rutin dan teratur. Olah raga yang teratur “tidak terlalu berat” akan lebih berdampak positif bagi tubuh dibandingkan dengan olah raga berat namun tidak teratur. Misalnya Anda bisa melakukan jalan santai setiap pagi atau bersepeda 1-2 jam setiap minggu.
Hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan berat badan kita. Karena berat badan yang berlebih bisa berdampak terganggunya fungsi ginjal.
* Berhenti Merokok
Dilihat dari sudah pandang manapun merokok akan selalu merugikan tubuh Anda.Karena rokok dengan kandungan nikotinnya dalam proses jangka waktu lama akan merusak organ-organ penting tubuh Anda, baik paru-paru, kulit, jantung maupun ginjal.
* Kurangi Makanan Berlemak dan jaga Berat Badan
Makanan berlemak akan menyebabkan kandungan kolesterol dalam darah Anda meningkat. Perhatikan juga berat badan sehingga Anda dapat terhindar dari obesitas.
* Perbanyak minum air putih
Minuman ini sangat baik bagi tubuh karena bersifat netral dan tidak mengandung zat-zat yang bisa membahayakan bagi tubuh. Bagi mereka yang banyak beraktivitas dengan duduk seperti sopir, bekerja dengan duduk lama depan komputer sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak-banyaknya.
* Mengkonsumsi Minuman yang Sehat
Hindari minuman yang mengandung soda, karena minuman ini mengandung zat yang mampu mengikis ginjal kita.
Hidari mengkonsumsi jamu atau herbal yang tidak jelas, menghidari konsumsi obat-obatan secara sembarangan (tanpa resep dokter) merupakan hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi potensi munculnya penyakit ginjal.
Hindari minuman suplemen energi, karena dalam minuman suplemen biasanya terkandung beberapa zat adiktif seperti taurin dan gingseng yang kurang baik bagi kesehatan ginjal.
* Checkup ke Dokter
Gagal ginjal juga dapat dicegah melalui pemeriksaan kesehatan (medical checkup) secara rutin, termasuk pemeriksaan urin dan darah. Memeriksakan gangguan ginjal seperti kencing batu, prostat dapat mecegah munculnya gagal ginjal.
Waspadai bila muncul gejala gangguan ginjal seperti buang air kecil tidak lancar atau pinggang terasa pegal.
Itulah beberapa Tips Mencegah Terjadinya Gagal Ginjal yang bisa Anda lakukan. Usahakan selalu menjaga kesehatan organ dalam kita agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Dari berbagai sumber Dunia Kesehatan.